Kamis, 23 September 2010

Produser Spider-Man Pecat Tobey Maguire, Kirsten Dunst, dan Sam Raimi

Maskapai film Hollywood, Columbia Pictures, memecat Tobey Maguire dan dan Sam Raimi dari posisi sutradara dan pemeran utama Spider-Man 4  yang sedang digarap. Mereka dipecat meski duo Maguire-Raimi ini berhasil membuat Spider-Man menjadi film superhero komik paling sukses sepanjang sejarah.


Pengumuman pemecatan ini dilakukan pada Senin (11/1). Perbedaan pendapat Raimi dengan produser Columbia--anak perusahaan Sony Pictures--muncul sejak penggarapan Spider-Man 3.

Tiga film Spider-Man yang dibintangi Maguire dan Dunst, dengan sutradara Raimi, berhasil mengumpulkan uang penjualan tiket US$2,5 miliar (Rp 23 triliun). Yang paling sukses dari ketiga film itu adalah Spider-Man 3 yang berhasil meraih US$890 juta (Rp 8 triliun).

Dalam film ketiga ini, Raimi merasa terlalu dikekang oleh produser, berbeda dengan dua film pertama. "Mereka benar-benar memberi kebebasan pada dua film pertama," kata Raimi tahun lalu. "Tapi kemudian ada perbedaan pendapat pada film ketiga dan, boleh dikatakan, saya tidak memiliki kendali kreatif sepenuhnya."

Saat mengerjakan Spider-Man 4, Raimi dan produser bertikai tentang siapa yang bakal menjadi musuh Pendekar Laba-Laba itu di sekuel keempat. Pertikaian ini sebelumnya sudah membuat target Spider-Man 4 dilansir 6 Mei 2011 diperkirakan tidak akan tercapai sampai akhirnya resmi dinyatakan bahwa Raimi dan dua bintang utamanya, Maguire serta Dunst, tidak lagi bermain di sekuel-sekuel lanjutan Spider-Man.

Pemecatan ini disertai pernyataan bahwa Columbia akan mengubah sekuel Spider-Man sehingga ceritanya akan kembali ke awal, saat Peter Parker, yang biasa diperankan Maguire itu, kembali ke sekolah. Kisahnya bagaimana Parker menyesuaikan dengan dengan kemampuannya itu, kira-kira pararel dengan sekuel pertama Spider-Man.

Pengumuman pemecatan dilakukan sendiri oleh Raimi dan salah satu bos tertinggi Sony Pictures, Amy Pascal, dalam konferensi pers. Pascal mengatakan bahwa satu dekade silam, mereka mulai mengerjakan Spider-Man dan berhasil membuat film yang sangat sukses.

"Saat kami memulai, tidak ada yang membayangkan bahwa kami kana membuat sejarah film terlaris, dan kami sekarang memiliki kesempatan langka membuat sejarah kembali dengan seri ini," kata Pascal.

Sedang Raimi berbasa-basi mengatakan bahwa mengerjakan Spider-Man adalah pengalaman sekali seumur hidup. "Kami memang sudah memikirkan membuat episode keempat bersama, tapi studio dan Marvel (pemilik hak cipta komik Spider-Man) memiliki peluang unik untuk membuat film ini ke arah baru," katanya. "Saya tahu mereka akan melakukan kerja  yang baik."

Dalam konferensi pers diumumkan bahwa sekuel baru Spider-Man--tanpa Raimi, Maguire, dan Dunst--itu akan diputar pada 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar